Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210522 WA0009

UKM

Riza, Pengrajin Tas dan Dompet, Produknya Tembus Luar Negeri.

Bojonegoro.com – Siapa sangka sentra kerajinan kulit sapi asli yang dijadikan tas maupun dompet ada di Bojonegoro. Salah satunya milik Moch Bachtiar Riza Fahma, pemuda 23 tahun asal Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Pemuda tinggi kekar yang kerap di panggil Riza itu menjelaskan usahanya tersebut bermula dari niat untuk mengembangkan ilmu yang didapat di sebuah Politeknik Pengolahan Kulit. Sekaligus membantu senior yang dikenalnya juga dalam bidan perkulitan.

“Kurang lebih saya bantu disana selama 2 tahun, setelah pendidikan saya selesai saya pulang ke Bojonegoro akhir 2019 lalu,” ungkapnya.

Semenjak kepulangannya, Riza mulai mengembangkan ilmu dan merintis usaha di bidang yang sama. Kini, dia mulai memiliki karyawan tetap untuk melakukan produksi. Alhasil Riza malah kebanjiran pesanan diawal pandemi Covid-19.

“Justru saat baru merintis usaha di awal pandemi saya tidak merasa terhalang, karena masih banyak pesanan. Saya baru merasakan penurunan saat pertengahan pandemi tahun lalu,” bebernya.

Meskipun begitu dirinya mensyukuri penjualannya saat ini. Omzet yang didapat juga tak main-main. Dari produksi 3 hingga 4 lusin produk kulit, Riza mendulang laba bersih Rp 5 juta. Dalam pengerjaan produksi, Riza dibantu oleh 1 karyawan tetap.

“Alhamdulillah, selama satu setengah tahun ini merintis usaha di Bojonegoro saya sudah memiliki 4 toko langganan yang selalu meminta menyuplai tas dan dompet,” tandasnya.

Selain memiliki langganan tetap, produk tas dan dompet kulit Reza juga dilirik konsumen luar kota seperti Serang, Kalimantan, Sulawesi. Bahkan, peminat tas dari kulit asli mencapai luar negeri seperti Malaysia. Meskipun penjualannya selama ini hanya dari akun Facebook dan status WhatsApp.

Ia mengaku paling banyak mendapatkan pesanan dari kenalan pelanggannya yang menyukai produk tas maupun dompet kulit yang berasal dari kulit sapi.

Baca Juga :  Iwapi Kota Malang Kunjungi Rumah Kreasi My Felt Sumbang Bojonegoro

“Paling laris itu kulit sapi, tapi juga pernah buat dari bahan kulit ular dan kulit biawak karena ada pesanan pelanggan,” ungkapnya.

Selain membuat tas dan dompet menggunakan bahan yang diminta pembeli, dirinya juga bisa membuat berbagai macam tas dan dompet dengan bentuk yang sesuai keinginan pembeli.

“Bagaimanapun bentuknya saya bisa buatkan tapi minimal pesan 1 lusin dengan model yang sama,” pungkasnya.

Nama : Moch. Bachtiar Riza Fahma
Tlp : 0857 1312 3106
Alamat :
Showroom : Dusun kedung bajul Ds sambiroto Rt 8 Rw 2 kec kapas (Balai desa sambiroto ke selatan, selatan mie ayam)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

bojonegoro.com – Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 diikuti 341 peserta dari 80 sekolah di kabupaten Bojonegoro yang digelar di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) Zona 2 digelar di jalan poros Desa Luwihaji, tepatnya di Jembatan Terusan Bojonegoro – Blora (TBB) Kecamatan...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sebanyak 52 pejabat. Mereka terdiri dari 10 pejabat administrator, 8 pengawas dan 34...

Kabar

Bojonegoro.com – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam penanganan kemiskinan di daerah sudah selaras dari tahun ke tahun. Strategi penanganan kemiskinan melalui program jangka...

X