Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Romantika Agus Utomo Penerima Beasiswa RPL Desa, Kerja Keras Saling Menguatkan Menimba Ilmu

IMG 20231007 WA0034

Bojonegoro.com – Banyak kisah mengiringi setiap perjuangan. Salah satunya perjuangan menyelesaikan studi S-1 bagi para penerima beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari Pemkab Bojonegoro. Mereka harus bekerja keras untuk bisa meraih prestasi yang gemilang.

Salah satunya dialami Agus Utomo, Kepala Desa Bakulan, Kecamatan Temayang. Agus sebelumnya tak berpikir akan melanjutkan studi. Saat ngobrol santai dengan tim publikasi Pemkab, Agus mengaku mendapat wawasan baru.

Pemuda asli Bakulan tersebut mengaku jadi saksi perubahan bagi dirinya dan para mahasiswa lainnya. Ia membenarkan bahwa pendekatan komunikasi bottom-up atau dari bawah, membuat pemerintah pusat tahu permasalahan di tingkat desa dengan apa nyatanya. Seperti halnya persoalan pendidikan untuk membangun SDM desa yang kini sedang dilakoninya.

Agus Utomo ialah salah satu dari ribuan penerima beasiswa program RPL Desa jenjang sarjana. Katanya, supaya lulus tepat waktu, mereka saling support bersama lima orang pegiat desa lainnya sesama penerima beasiswa. Sebab, beasiswa RPL Desa S1 belum semua orang berkesempatan merasakannya.

Sebenarnya ada yang pernah sampai mau mundur, tapi kita sama-sama saling menyemangati. Karena kesempatan ini tidak terulang kembali,” ujarnya.

Ada enam orang dari unsur pegiat desa yang telah wisuda pada program S1 RPL Desa. Enam orang tersebut di antaranya ketua BUM Desa, Sekretaris Desa, BPD, dua orang perangkat desa, serta kepala desa.

“Agus menuturkan sebagai lulusan S1 RPL Desa yang merupakan program Pemkab Bojonegoro; dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, ia mengucapakan terima kasih karena ilmu yang didapat berguna bagi pembangunan desa.

“Alhamdulillah selama berkuliah mendapatkan banyak ilmu dalam mengelola desa. Kami diberikan pemahaman serta diberi perkuliahan yang nyaman. Walaupun secara daring tapi manfaat yang kami terima sangat luar biasa. Ilmu yang kami terima dari perkuliahan bisa kami representasikan dan aplikasikan di desa,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemerhati Pendidikan dari Brains Community Sayangkan Sikap dan Pernyataan Kemenag Bojonegoro

Ia berharap Pemkab Bojonegoro memberi kesempatan kepada lulusan S1 program RPL untuk menimba ilmu ke jenjang lebih tinggi, yakni S2. Namun, terpenting, program S1 RPL Desa bisa diadakan kembali di Kabupaten Bojonegoro agar teman-teman pegiat desa bisa mengikuti jejak mereka ke depan. “Terima kasih Pemkab Bojonegoro,” imbuhnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Opini & Cerita

Bojonegoro.com – Gaza adalah nestapa berkepanjangan bahkan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, saat dimana setiap anak akan merasakan kebahagiaan,...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mempersiapkan mudik lebaran berlangsung aman, Polres Bojonegoro mengambil langkah proaktif dengan memperketat pengamanan dan pelayanan di jalur poros Bojonegoro – Babat....

Kabar

Bojonegoro.com –  Sang surya pun mulai terbenam, dan rembulan datang menjadi pertanda berakhirnya bulan ramadhan 2024. Senandung takbir sayup-sayup terdengar dari segala penjuru, seluruh...

Kabar

Bojonegoro.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro melakukan pemasangan rambu petunjuk arah jalur alternatif bagi para pemudik yang melintasi jalur utama jalan nasional. Pemasangan...

X