Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Sandur Rumah “Selendang Kuning” Karya Oky Persembahan Apik Seniman Bojonegoro di Masa Pandemi.

IMG 20201115 131357

BOJONEGORO-Sandur adalah kesenian tradisi masyarakat Bojonegoro yang sudah mengakar kuat sejak jaman dahulu kala, Kesenian Sandur lazim dipentaskan di tanah lapang dan antusias warga menonton selalu besar.

Namun berbeda dengan Sandur yang di pentaskan oleh sekelompok seniman Sandur Kembang desa Bojonegoro ini, dimasa Pendemi covid-19 ini, Oky Dwi Cahyo, Seniman Muda Bojonegoro bersama para seniman Sandur melakukan terobosan dengan mementaskan Sandur Rumah, Yaitu pementasan Sandur didalam rumah dengan memanfaatkan properti di dalam rumah dan ceritanyapun seputar masalah rumah, Mengambil lakon “Selendang Kuning” Pertunjukan Sandur Rumah dilakukan di jalan Wayan Wuruk 100, Kelurahan Karang pacar, Bojonegoro. Minggu, 15/11/20.

Oky Dwi Cahyo, seniman muda penuh talenta adalah penggagas Sandur Rumah sekaligus sutradara Selendang Kuning, dalam pementasan Sandur Rumah Oky melibatkan kelompok Sandur Kembang Desa dan didukung oleh Sanggar Sayap Jendela Bojonegoro, dalam pementasan Selendang Kuning Oky berperan menjadi Germo yang bertugas sebagai pembuka, Duta wacana dan pengayom alam Sandur. Dalam Sandur tokoh dalam pertunjukan sandur disebut anak wayang, tokoh dalam Sandur adalah Balong, Cawik, tangsil, dan Pethak, ke 4 tokoh inilah yang menggerakkan jalannya alur cerita. Sandur dalam penyajiannya didukung dengan musik dan tembang Jawa, tarian jaranan dan sorak-sorai Panjak Ore.

IMG 20201115 133327

Salah satu adegan yang ditampilkan dalam cerita Selendang Kuning

Selendang kuning bercerita tentang kekuatan dan kedalaman rasa seorang perempuan, kisah ini terinspirasi dari legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan.
Sama seperti Nawang Wulan, Cawik dalam lakon ini juga mempunyai selendang Kuning, Selendang penting yang disembunyikan suaminya, dan ini berdampak besar bagi jiwanya sebagai seorang penari

Pagelaran Sandur Rumah ini difasilitasi oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal kebudayaan. Fasilitasi bidang kebudayaan sendiri merupakan salah satu uapaya pemerintah Republik Indonesia guna mewujudkan strategi pemajuan kebudayaan.

Baca Juga :  Disbudpar Bojonegoro Persembahkan "Memetri Bumi" Dalam Festival Budaya Jawa Timur 2020.

Pementasan Sandur Rumah oleh Oky dan Sandur Kembang desa dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto, S.Pd, Seniman Bojonegoro dan tamu undangan, usai pementasan Sandur Rumah rampung, nampak wajah Budiyanto tersenyum sumringah, dalam kesempatan itu, kepala dinas Disbudpar menyampaikan rasa haru dan bangganya atas terselenggaranya kegiatan Sandur Rumah ini, Hebat, Salut buat Seniman Bojonegoro yang mampu berpikir kritis, inovatif dan memiliki terobosan sehingga tetap eksis dan mampu menelurkankarya di tengah pandemi, Saya sangat mengapresiasi karya ini dan semua  yang telah kalian kerjakan ini ikut membantu mengangkat nama Bojonegoro lebih dikenal, terima kasih,  ungkap Budiyanto.

IMG 20201115 142210

Usai pertunjukan Budiyanto memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seniman yang terlibat dalam pementasan Sandur rumah selendang kuning.

Sandur Rumah Lakon Selendang Kuning
Sutradara : Oky Dwi Cahyo
Penata Tari : Prita Dyah Winarti
Penata musik : Djagat Pramudjito.
Pementasan Sandur rumah disiarkan langsung live streaming YouTube di Chanel Sandur Kembang Desa.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

X