Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Sat Binmas Polres Bojonegoro Ajak Siswa Stop Bullying di Sekolah

IMG 20240502 WA0081

Bojonegoro.com  – Upaya memberikan rasa aman dan nyaman di sekolah, Satuan Binmas Polres Bojonegoro melaksanakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) di kalangan pelajar. Pembinaan dan penyuluhan ini dilakukan guna mencegah aksi bullying atau perundungan di lingkungan sekolah.

Sat Binmas Polres Bojonegoro dipimpin Kasat Binmas, AKP Agus Elfauzi berserta staf, memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap siswa SD Negeri Semanding, Kecamatan Kota Bojonegoro, pada Kamis (2/5/2024).

Kasat Binmas mengatakan perundungan merupakan perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial. Hal ini bisa dilakukan baik di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan. Pelakunya bisa perorangan ataupun kelompok.

“Bullying bentuknya bisa berupa fisik seperti memukul, menampar, mendorong, menggigit, menendang, mencubit, menjabak rambut, pelecehan seksual dan lainnya,” kata Kasat dihadapan siswa SD Negeri Semanding.

Kasus bullying non fisik bentuknya bisa berupa mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memanggil dengan julukan, mengejek atau kecacatan fisik.

Kasus cyber bullying menyakiti seseorang melalui media elektronik atau media sosial.

AKP Agus menerangkan bahwa berbagai upaya pencegahan bullying perlu dilakukan seperti mengembangkan budaya relasi atau pertemanan yang positif, saling mendukung satu sama lain, dan merangkul teman yang menjadi korban bullying. Lalu dapat memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sebaya.

“Bentuk pencegahan lain bisa ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying, peran dan pengawasan dari pihak sekolah,” kata Agus.

Menurutnya kasus bullying di sekolah rentan terjadi. Korban bullying biasanya mengalami trauma psikis yang membutuhkan penanganan dan pendampingan psikologis, untuk itu diperlukan upaya pencegahan agar tidak terjadi kasus perundungan.

Baca Juga :  Kapolres Bojonegoro Bari Imbauan Para Siswa Jelang Kelulusan Sekolah

“Jangan takut melaporkan jika menerima bullying. Laporkan ke pihak sekolah, sehingga bisa diselesaikan, jangan sampai dipendam sendiri,” katanya.

Diakhir Binluh, Kasat Binmas berpesan kepada tenaga pendidik atau pihak sekolah ketika seorang anak memberi tahu bahwa dia di-bully atau dilecehkan maka segera ditanggapi permasalahan tersebut. Tunjukkan rasa empati terhadap anak, Bantu anak yang di-bully untuk membela dirinya, bahwa dia bisa mengatakan tidak suka jika dikerjai oleh temannya dan ambil tindakan kepada pelaku bullying. Beritahu si anak, orang tuanya, mengenai perkembangan kasusnya, dengan tetap menghormati semua pihak.

“Mari bersama-sama ciptakan sekolah ramah anak. Lingkungan sekolah yang nyaman, aman, dan peduli terhadap siswa,” tutup Kasat. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X