Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Satpol PP Bojonegoro Canangkan Komitmen Zona Integritas Bebas dari Korupsi

IMG 20220127 WA0036

Bojonegoro.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan komitmen bersama pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBM) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di Ruang Angling Dharma, Gedung Pemkab Lama, Kamis, 27/01/2022.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh jajaran staf Satpol PP, Kasi Trantib se-Kabupaten Bojonegoro, ASN di lingkup Satpol PP, perwakilan paguyuban PKL, Beacukai, dan Dinas Perdagangan.

Kepala Satpol PP Arief Nanang Sugianto mengatakan, Satpol PP termasuk ke dalam 18 OPD di 2022 yang melaksanakan pencanangan ZI WBK/WBBM. Sebab sebagaimana dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan dijabarkan dalam PP nomor 2 tahun 2018 Pasal 9, pelayanan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat merupakan pelayanan dasar yg harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah. Dalam hal ini Satpol PP merupakan perangkat daerah yang menjalankan fungsi dimaksud.

“Adapun jumlah PNS di lingkup Satpol PP kurang lebih sebanyak 45 orang, PTT kurang lebih 123 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dan honorer sebanyak 22 orang,” ujarnya.

Arief berharap, dengan dilaksanakannya pencanangan dan komitmen bersama pembangunan ZI WBK/WBBM di lingkup Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, membulatkan tekad dan komitmen serta kesungguhan bersama Satpol PP untuk terus mendukung reformasi birokrasi

Selain itu juga diharapkan kinerja bertambah baik tetap santun, humanis dan melayani masyarakat dengan ikhlas. “Namun, disadari atau tidak, sebetulnya kita sudah melaksanakan hal ini di keseharian kita. Ke depan agar lebih tertib, maka harus terformatkan dalam tata kelola administrasi dan di bantu dengan adanya pokja-pokja yang sudah berjalan,” imbuhnya.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pegawai unit kerja dalam membangun ZI menuju WBK/WBBM. Selain itu, terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Baca Juga :  Lawatan ke Bumi Cendrawasih, Bupati Anna "Tilik Bateh" Ikatan Keluarga Bojonegoro Papua

Di akhir arahan, Arief turut mengumumkan rencana di 2022. Satpol PP akan me-launching nomor unit cepat layanan Satpol PP yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin melaporkan pengaduan.

Masih dalam kegiatan yang sama, Inspektur Inspektorat Kabupaten Bojonegoro Teguh Prihandono memaparkan, pembangunan ZI tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan muncul dari komitmen bersama-sama yang dimulai dari diri sendiri. Di dalam ZI WBK/WBBM yang terpenting adalah apa yang dibangun membawa manfaat bagi stakeholder.

“Jadi, ciptakan keunggulan yang berbeda dari Satpol PP lainnya. Sehingga ada pembeda dengan Satpol PP di kota lain. Itulah salah satu unsur yang perlu dipenuhi agar bisa meraih predikat ZI. Tentunya didukung dengan mampu memberikan gambaran signifikan antara before-after. Bukan menampilkan aktifitas sehari-hari,” papar Teguh.

Teguh menjelaskan, ada enam poin penting dalam mengikuti ZI WBK/WBBM. Adapun enam area ZI, di antaranya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Di akhir pencanangkan, seluruh jajaran Satpol PP membacakan maklumat pelayanan dan menandatangi pakta integritas. [cs/]

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kabar

Bojonegoro.com – Saat aksi sosial berbagi berkah ratusan sembako yang dilakukan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Desa Meduri Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro,...

X