Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
Semangat Kartini Menginspirasi Menjadi Wanita Karir Yang Bermartabat

Peristiwa

Semangat Kartini Menginspirasi Menjadi Wanita Karir Yang Bermartabat

Bojonegoro.com – Sebagai upaya peningkatan kualitasnya dan pemberdayaan perempuan, Dinas DP3AKB Bojonegoro menggelar seminar nasional dengan mengangkat tema Semangat Kartini menginspirasi.

Seminar nasional digelar di Pendopo Malowopati Jl. Mas Tumapel No 1 Bojonegoro, Senin, 19/4/2021, Hadir dalam acara seminar, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah, Staf Ahli Setda Bojonegoro, kepala OPD Perempuan, Camat Perempuan, kepala puskesmas perempuan, kepala SMP perempuan, direktur RSUD perempuan. Selain itu juga hadir koordinator penyuluh KB perempuan dan gabungan organisasi wanita se Kabupaten Bojonegoro.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Wanendra Spesialis Anak,.S.Ap, dari fakultas kedokteran, dan dr. Umi hidayati M. Pd psikolog dari Universitas Negeri Malang.

Dalam sambutannya Bupati Anna menuturkan, saat ini emansipasi wanita  dibuka begitu lebar, dan luas, semua sektor pembangunan ada keterlibatan wanita, tinggal bagaimana para wanita penerus bangsa mengisi hal tersebut. Ini bisa kita lihat dari  data Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro, Dimana data  menyebutkan pegawai negeri sipil (PNS) berbanding 52:48 didominasi oleh perempuan.

“Ini menunjukkan bahwa saat ini peran perempuan tidak kalah dalam konstribusi di dalam proses pembangunan, Setiap diberikan akses dan wadah, perempuan selalu hadir ikut berperan aktif mengisi pembangunan bangsa,” terang Anna Muawanah.

Bupati menambahkan dengan adanya kesetaraan gender dan akses yang begitu luas  bagi perempuan untuk berkarir, sudah seharusnya, tidak lantas perempuan meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. Jadilah ibu dan istri yang baik bagi anak-anak dan suami, sekaligus menjadi wanita karir yang bermartabat, ke duanya mestinya bisa dijalankan bebarengan, “Jadilah Kartini masa kini yang berkualitas dan berprestasi,” Tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB) Bojonegoro Anik Yuliarsih menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari peringatan hari kartini 2021.

Baca Juga :  Ratusan Pesilat dari Berbagai Macam Perguruan Gelar Flashmob di CFD Alun - alun Bojonegoro

“Sebelumnya kita juga sudah menggelar seminar bagi generasi Z dan pekan Kartini lainya,” ujar Anik Yuliarsih

Anik menjelaskan bahwa Seminar Nasional ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan semangat masyarakat terhadap peran dan kedudukan perempuan.

“Hal ini dalam upaya peningkatan perempuan Indonesia yang berkualitas unggul berdaya saing dan bermanfaat melalui peningkatan kualitas peran serta dan peran pribadi mandiri maupun organisasi,” Jelasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Hukum

Bojonegoro.com – Pemasangan papan pengumuman kepemilikan hak tanah pasar lama di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro oleh Pemkab...

Kabar

bojonegoro.com –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro meraih penghargaan sebagai satuan kerja (satker) mitra kerja Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro dengan nilai IKPA...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro bersama OPD terkait mengundang elemen mahasiswa dari berbagai universitas di Bojonegoro untuk melakukan diskusi bersama membahas tentang kemajuan Bojonegoro kedepan....

X