Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Sesepuh Masyarakat Samin, Mbah Harjo Kardi Meninggal Dunia

IMG 20220730 132615

Bojonegoro – Mbah Harjo Kardi, sesepuh Masyarakat Samin dikabarkan meninggal dunia, kabar meninggalnya Mbah Harjo disampaikan oleh putranya yaitu mas Bambang, Mbah Harjo Kardi meninggal dunia di usianya 90 tahun. Mbah Harjo dikabarkan meninggal dunia dikarenakan dikarenakan sakit yang telah lama diderita.

Putra Mbah Harjo, Bambang Sutrisno, mengatakan jika almarhum meninggal pukul 14.00 wib dunia di rumahnya, Dusun Jipang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro. Sabtu, (27/5/2023)

“ Bapak meninggal jam 14.00 WIB, sudah sakit selama enam bulan terakhir. Mohon maaf jika ada kesalahan ya, bapak” ungkap Bambang.

Jenazah almarhum Mbah Harjo rencananya akan dimakamkan sore ini di kuburan desa setempat. Almarhum Mbah Harjo meninggalkan tujuh orang anak dan 12 cucu.

Suku Samin merupakan warisan budaya yang masih mempertahankan keyakinannya namun tetap mampu mengikuti perkembangan zaman.

Masyarakat Samin lebih suka menyebut diri mereka dengan Sedulur Sikep, yang lebih memberikan artian tentang persaudaraan kental.

Ajaran Samin di Bojonegoro yang masih melekat di masyarakat hingga saat ini adalah lima pitutur luhur yakni, pertama soal laku jujur, sabar, trokal, lan nrimo. Artinya berperilaku baik, memiliki sifat jujur dan sabar.

Kedua, ojo dengki srei, dahwen kemiren, pekpinek barange liyan. Artinya tidak boleh memiliki sifat iri dengki, rasa keinginan memiliki dan mengambil hak orang lain.

Ketiga ojo mbedo mbedakno sapodo padaning urip, kabeh iku sedulure dewe. Artinya jangan membeda-bedakan sesama manusia, semua adalah saudara.

Keempat ojo waton omong, omong sing nganggo waton yang artinya jangan asal bicara, namun bicara lah dengan aturan. Lalu yang kelima biso roso rumongso atau memiliki arti jadilah manusia yang memiliki rasa empati.

Baca Juga :  Polres Bojonegoro Raih Penghargaan Pelayanan Prima Kategori A Versi PEKPPP Nasional

 

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

X