Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Sosialisasi RTD Bendungan Gongseng dan Pacal, Pj Bupati Bojonegoro Ajak Semua Pihak Aktif Menjaga

fftq1YhHOvUKiQZw

Bojonegoro.com – Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama Dandim 0813 dan Kapolres Bojonegoro, serta beberapa kepala OPD menghadiri PKM/ Sosialisasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Gongseng Kaskade Bendungan Pacal. Kegiatan ini diselenggarakan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) di Hotel Dewarna Bojonegoro, Rabu (8/11/2023).

Dalam sambutanya Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini bagian dari manajemen risiko. Sekecil apapun risiko perlu dilakukan langkah antisipasi.

“Dibutuhkan manajemen risiko awal agar ada sistem peringatan dini yang memberitahukan stakeholder jika ada risiko agar kita bisa antisipasi bersama antara dua bendungan ini,” ungkapnya.

Pj Bupati juga menegaskan manajemen risiko tidak hanya menjadi tugas BBWS dan BPBD atau sisi keamanan seperti Kodim dan Polres saja. Namun ini tugas bersama untuk memantau jika ada risiko atau ancaman untuk masyarakat. Pj Bupati mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan memantau dua bendungan ini.

“Pemkab Bojonegoro siap untuk menjaga dua bendungan ini, yakni Bendungan Gongseng dan Pacal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS, Sri Wahyu Kusumastuti yang menyampaikan sambutan Kepala BBWS pada acara ini menuturkan bahwa Bendungan Gongseng memiliki tipe urukan batu dengan inti tegak, juga ada Bendungan Pacal yang berumur 90 tahun.

“Kami dari BBWS selaku pengelola bendungan itu wajib melakukan dokumen rencana tindak darurat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bendungan ini memiliki manfaat namun juga punya potensi risiko yang besar. Maka dari itu, BBWS mengharap masukan maupun ide dari pihak-pihak terkait untuk menyempurnakan rencana tindak darurat ini.

“Dokumen ini nanti akan kami serahkan kepada Kementerian, utamanya ke BPBD untuk upaya kesiapsiagaan bencana jika ada ketidaksesuaian operasi pada bendungan,”pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X