Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Spektakuler, Grand Final Kange Yune 2023, Hamemayu Ayuning Bojonegoro

IMG20230910202026

bojonegoro..com – Puncak Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kange Yune Kabupaten Bojonegoro Tahun 2023 digelar sangat spektakuler di alun-alun Bojonegoro, Minggu (10/9/2023) malam. Sebanyak 15 pasangan finalis Kange-Yune unjuk gigi di hadapan 5 dewan juri.

Acara ini dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bersama suami, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli, tamu undangan dan suporter para finalis. Sejak dibuka, acara menyedot banyak pengunjung. Sebagai pembuka adalah Dance Kange Yune Bojonegoro 2023 yang sangat meriah.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Budiyanto mengatakan tema yang dipilih kali ini yaitu ‘Hamemayu Ayuning Bojonegoro’. Artinya menjaga dan mempertahankan kelestarian serta keindahan Bojonegoro.

Pemilihan Kange Yune ini, lanjut Budiyanto, digelar untuk menggali potensi putra-putri daerah yang berkompeten dan memikiki SDM yang unggul untuk mendukung Pemkab Bojonegoro. Yakni dalam mempromosikan dan mengembangkan seluruh potensi seni budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dalam proses pemilihan, jumlah peserta 66 Kange dan 112 Yune yang merupakan putra-putri daerah dari pelajar tingkat mahasiswa, SMA/SMK/MA dan perwakilan dari 28 kecamatan. “Kami juga mengadakan ajang kompetisi kreativitas bagi kaum milenial Bojonegoro yaitu pemilihan Desainer Muda dan lomba desain logo Hari Jadi Bojonegoro (HJB) Ke-346. Pemenangnya juga diumumkan malam ini,” ujar Budiyanto.

Dalam ajang pemilihan Kange Yune Tahun 2023 ini menghadirkan juri profesional dari Ketua Raka Raki Jawa Timur, Raki Jawa Timur, Putri Indonesia Jawa Timur, Alumni Yune Bojonegoro dan Akademisi Seniman Jawa Timur.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyatakan rasa bangga atas penampilan yang disuguhkan dalam puncak Grand Final ini. Bupati Anna berpesan agar terus melakukan penguatan dan perubahan peradaban. Selain itu juga terus komitmen terhadap akselerasi perubahan zaman.

Baca Juga :  Semarak Festival Ramadan Bojonegoro, Pelaku UMKM Gelar Bazar

“Inilah gambaran siapa yang melakukan perubahan akan menjadi juara dan siapa yang melakukan perubahan yang cepat dan tepat akan menjadi juara yang terbaik,” kata Bupati Anna.

Lebih lanjut, Bupati Anna menuturkan, pada 2018 lalu Pemkab Bojonegoro membuat tagline ‘Produktif & Energik’. Tagline itu untuk membuat pemikiran akan ada lompatan-lompatan setiap waktu.

Dalam puncak Grand Final Pemilihan Kange Yune, juga dirangkai peresmian logo baru Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-346 oleh Bupati Bojonegoro bersama jajaran Forkopimda. Pemenang logo HJB Ke-346 ini dibuat oleh Ahmad Burhanudin asal Desa Duyungan Kecamatan Sukosewu. Sementara untuk Juara 1 Kange Yune Bojonegoro 2023 diraih oleh Kange Eka Dwi Arianto dan Yune Sekar Arum Rahma Jelita. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Masih dalam suasana bulan suci ramadhan, Lintas Angkatan (Lintang) SMP Negeri 1 Bojonegoro menggelar halal bihalal dengan mengusung tema “Kanca Sekolah” Lintas...

Opini & Cerita

Bojonegoro.com – Gaza adalah nestapa berkepanjangan bahkan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, saat dimana setiap anak akan merasakan kebahagiaan,...

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com –  Sang surya pun mulai terbenam, dan rembulan datang menjadi pertanda berakhirnya bulan ramadhan 2024. Senandung takbir sayup-sayup terdengar dari segala penjuru, seluruh...

X