Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Stabilkan Harga Pakan, Bulog Bojonegoro Bakal Andil Serap Jagung

IMG 20211004 WA0228

Bojonegoro.com – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Kantor Cabang (Kanca) Bojonegoro bakal ikut andil menyerap jagung. Hal itu dilakukan guna menstabilkan harga pakan kebutuhan peternakan di wilayah kerja setempat, meliputi Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Wakil Pimpinan Cabang (Wapimca) Perum Bulog Bojonegoro, Hendra Kurniawan menyampaikan, berkaca dari peristiwa lonjakan harga jagung untuk kebutuhan pakan ternak, di Kabupaten Blitar, Bulog Bojonegoro bakal menyerap hasil panen jagung dari para petani.

“Saat ini kami sudah melakukan Koordinasi dengan beberapa pihak pengguna kebutuhan pakan ternak di wilayah kerja kami,” katanya kepada Bojonegoro.com, Senin, 04/10/2021.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 07 Tahun 2020, lanjut Hendra, jagung dengan kadar air (KA)15 persen yang bakal diserap oleh Bulog Bojonegoro.

“Dengan harga jual di tingkat konsumen Rp 4.500,” imbuhnya.

Namun, untuk harga beli di tingkat petani, Hendra mengaku belum mendapatkan arahan. Kendati, pihaknya saat ini sudah melakukan langkah koordinasi dengan tiga pihak dari tiga Kabupaten di wilayahnya yang dapat dibuat acuan untuk membaca potensi kebutuhan jagung setiap bulan.

“Populasi ternak dan kebutuhan dari beberapa paguyuban dan koperasi ini taruhlah sebagai contoh, dikhawatirkan tidak seluruh peternak tergabung dalam paguyuban,” ujarnya.

Dijelaskan, data yang diambil dari Koperasi Adil Makmur Group di Bojonegoro, terdapat populasi ternak ayam sebanyak 12.200 ekor, membutuhkan jagung sekira 20.496 Kilogram (Kg) per bulan.

Sedangkan data yang diambil dari P2APT (Paguyuban Peternak Ayam Petelur Tuban) menunjukkan jumlah populasi sebanyak 250.800 ekor membutuhkan pakan jagung sekira 496.584 Kg per bulan.

Sementara, data yang diambil dari Koperasi Peternak Gunungrejo Makmur di Kabupaten Lamongan, dibutuhkan sekira 419.610 Kg jagung untuk pakan populasi ayam petelur sebanyak 213.120 ekor.

Baca Juga :  Antisipasi Macet, Tiga Rute Alternatif Pemecah Kerumunan Disiapkan Bina Marga Bojonegoro

Total kebutuhan pakan jagung setiap bulan dari data disebut sebesar 936.690 Kg untuk jumlah populasi total 476.120 ekor ayam petelur dari peternakan yang tergabung dalam paguyuban dan koperasi di wilayah kerja Bulog Kanca Bojonegoro.

“Itu tadi datanya sementara dari peternakan yang tergabung dalam paguyuban dan koperasi ya. Selanjutnya akan kita laporkan ke pusat,” tandasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengurus Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) cabang Kabupaten Bojonegoro memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan melakukan kunjungan ke Kodim 0813 Bojonegoro dan diterima...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

X