Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210703 WA0073

UKM

Sukar, Warga Sumberejo, Kembangkan Varian Jeruk Siyem, Raup Jutaan Rupah

Bojonegoro.com  – Sebagai langkah mengembangkan potensi produksi buah, petani asal Desa Sumberrejo Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro berhasil budidaya jeruk siyem dengan hasil panen melimpah ruah.

Varian jeruk dengan nama latin Citrus Nobilis ini dinilai sangat kaya vitamin C. Aapalagi dalam masa pandemi dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi jeruk siyem menjadi salah satu pilihan untuk menjaga imunitas tubuh, selain tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sukar salah satu petani dari Desa Sumberrejo Kecamatan Trucuk yang membudidayakan jeruk siyem mengaku panen kali ini sangat melimpah ruah.

“Karena perawatan dan pemupukan yang sangat diperhatikan, hasil panen tahun ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu,” ucapnya.

Petani yang mulai merintis budidaya jeruk pada tahun 2016 ini menuturkan sempat berhenti budidaya. Pasalnya pohon jeruk diserang hama dan banyak mati. Namun ia tidak putus asa dan tak berhenti untuk membudidayakan jeruk di daerahnya.

“Kemudian saya beli bibit lagi di Purworejo dengan jenis bibit yang sama,” tuturnya. Ia kemudian secara intensif melakukan perawatan mulai dari pemupukan dan penyemprotan.

“Untuk pemupukan, kami menggunakan pupuk organik saja,” tutur Sukar.

Hingga Saat ini Sukar mempunyai dua lahan dengan 150 pohon jeruk siyem. Masa panen raya dimulai bulan Juni sampai Agustus.

Dalam sehari, Sukar mampu menjual 60 sampai 90 kg jeruk siyem dengan perolehan omzet Rp 2 juta hingga Rp 3 juta perbulan.

“Untuk perkilonya dijual seharga 10.000 dengan cara pesan atau datang kerumah, namun mengingat masih dalam masa pandemi tidak dibuka untuk umum. Jika ingin memetik sendiri harus konfirmasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang penasaran dan ingin membeli bisa langsung menghubungi ke nomor 085330748047 atau datang langsung ke rumah dengan alamat Desa Sumberrejo Kecamatan Trucuk RT 04 RW 1 kabupaten Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

bojonegoro.com – Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 diikuti 341 peserta dari 80 sekolah di kabupaten Bojonegoro yang digelar di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) Zona 2 digelar di jalan poros Desa Luwihaji, tepatnya di Jembatan Terusan Bojonegoro – Blora (TBB) Kecamatan...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sebanyak 52 pejabat. Mereka terdiri dari 10 pejabat administrator, 8 pengawas dan 34...

Olahraga

Bojonegoro.com – Cabang olahraga Bulutangkis merampungkan gelaran Bupati Cup tahun 2022 yang dimulai pada 28 November lalu di Sukorejo Sport Center (SSC) Desa Sukorejo...

X