Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tingkatkan Kemandirian Lansia, Puskesmas Wisma Indah Galar Pelatihan Caregiver Informal bagi Kader

IMG 20220728 WA0019

Bojonegoro.com – Dengan meningkatnya usia harapan hidup penduduk Indonesia yang menurut data BPS tahun 2021 adalah 73,5 th maka tentu ini membawa konsekuensi yang perlu diperhatikan terutama di bidang kesehatan. Hal ini disebabkan, munculnya penyakit degeneratif pada lansia di mana organ tubuh perlahan-lahan mengalami penurunan fungsi sehingga timbul berbagai macam penyakit.

Menyikapi hal tersebut, Puskesmas Wisma Indah menyelenggarakan Pelatihan Caregiver Informal bagi kader posyandu lansia, kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, Rabu, 27/7/2022.

Pelatihan Caregiver Informal dikuti 48 kader sebagai peserta, adapun kader tersebut berasal dari 16 posyandu lansia yang tersebar di seluruh wilayah kerja Puskesmas Wisma Indah.

Caregiver adalah orang yang memberikan perawatan bagi seseorang yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalankan kesehariannya terutama lansia. Sedangkan caregiver informal adalah tenaga caregiver yang berasal dari keluarga, relawan maupun kader yang memberikan bantuan dan pendampingan bagi lansia.

Kepala Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, dr. Fifin Erliana menyampaikan dalam kegiatan pelatihan tersebut kami sampaikan materi tentang asupan gizi pada lansia, perawatan pada beberapa masalah penyakit pada lansia serta materi kesehatan mental yang disampaikan oleh tenaga puskesmas yang sudah terlatih dibidangnya.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para kader posyandu lansia bisa turut membantu mendampingi para lansia yang memiliki masalah di wilayah binaannya, serta menjadi penghubung dengan tenaga kesehatan apabila menemukan kendala dalam suatu tindakan perawatan pada lansia, jelas dr Fifin.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X