Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tingkatkan Kemandirian Lansia, Puskesmas Wisma Indah Galar Pelatihan Caregiver Informal bagi Kader

IMG 20220728 WA0019

Bojonegoro.com – Dengan meningkatnya usia harapan hidup penduduk Indonesia yang menurut data BPS tahun 2021 adalah 73,5 th maka tentu ini membawa konsekuensi yang perlu diperhatikan terutama di bidang kesehatan. Hal ini disebabkan, munculnya penyakit degeneratif pada lansia di mana organ tubuh perlahan-lahan mengalami penurunan fungsi sehingga timbul berbagai macam penyakit.

Menyikapi hal tersebut, Puskesmas Wisma Indah menyelenggarakan Pelatihan Caregiver Informal bagi kader posyandu lansia, kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, Rabu, 27/7/2022.

Pelatihan Caregiver Informal dikuti 48 kader sebagai peserta, adapun kader tersebut berasal dari 16 posyandu lansia yang tersebar di seluruh wilayah kerja Puskesmas Wisma Indah.

Caregiver adalah orang yang memberikan perawatan bagi seseorang yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalankan kesehariannya terutama lansia. Sedangkan caregiver informal adalah tenaga caregiver yang berasal dari keluarga, relawan maupun kader yang memberikan bantuan dan pendampingan bagi lansia.

Kepala Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro, dr. Fifin Erliana menyampaikan dalam kegiatan pelatihan tersebut kami sampaikan materi tentang asupan gizi pada lansia, perawatan pada beberapa masalah penyakit pada lansia serta materi kesehatan mental yang disampaikan oleh tenaga puskesmas yang sudah terlatih dibidangnya.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para kader posyandu lansia bisa turut membantu mendampingi para lansia yang memiliki masalah di wilayah binaannya, serta menjadi penghubung dengan tenaga kesehatan apabila menemukan kendala dalam suatu tindakan perawatan pada lansia, jelas dr Fifin.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kriminal

Bojonegoro.com – Satreskrim Polres Bojonegoro berhasil mengungkap tindak pencurian dengan pemberatan, tempat kejadian perkara (TKP) di toko Imtek Me Store yang menjual alat kelengkapan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Keseriusan Persibo Bojonegoro dalam mengarungi Liga Tiga Jawa Timur dibuktikan dengan Launching Team Persibo 2023, acara memperkenalkan para punggawa Persibo pada masyarakat...

Olahraga

Bojonegoro.com – Persibo Bojonegoro ditunjuk menjadi tuan rumah Liga Tiga PSSI  Jawa Timur 2023, masuk dalam group N bersama Inter Pemuda Kediri, Persatu Tuban...

Olahraga

Bojonegoro.com – Laga perdana Persibo Bojonegoro dalam mengarungi liga 3 Jawa timur menuai hasil positif dengan mengalahkan Inter Putra Kediri dengan skor 2-0, pertandingan...

X