Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik dan Pemerintahan

Tingkatkan Komunikasi dan Sinergitas Bakesbangpol Gelar FGD bersama Ormas.

20211111170153

Bojonegoro.com – Guna meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap Organisasi Kemasyarakatan, Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Forum Gruoup Discussion (FGD) di Griya MCM Hotel and Resto, Kamis, 11/11/2021.

Kegiatan yang dihadiri sekira 30-an Ormas tersebut menghadirkan tiga nara sumber, yakni Jaksa Fungsional Bambang Tedjo dari Kejaksaan Negeri Bojonegoro, dan Kepala Satuan Intelijen Keamanan (Kasat Intelkam) Polres Bojonegoro yang diwakili oleh Kepala Urusan Pembinaan Operasi Intel Inspektur Dua Polisi Warsito, dan Kepala Bakesbangpol Mahmudi. Serta dipandu oleh Joko Purnomo dari IdFos Bojonegoro.

Bupati Anna Muawanah berkenan hadir  membuka acara secara virtual, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Ormas diharapkan mampu menjadi peran partisipasi aktif dari masyarakat dalam untuk ikut serta ambil bagian dalam pembangunan di Bojonegoro.

“Tentunya dengan adanya Ormas, peran serta masyarakat dalam kontrol pengawasan, masukan dan sumbang saran demi kebaikan dan pembangunan sangat diharapkan,” jelasnya.

Dalam laporannya Kepala Kesbangpol Bojonegoro, Mahmudi, menyatakan sejumlah 282 Ormas ada di Kabupaten Bojonegoro, 114 sudah legal artinya berbadan hukum dengan mengkantongi surat dari kemenkumham, dan sisanya belum, dari jumlah yang belum memiliki surat dari kemenkumham tersebut sebanyak 30-an diantaranya diundang mengikuti FGD.

” Kegiatan FGD ini pertama bertujuan menjalin komumikasi, diharapkan setelahnya tercipta sinergitas antara Ormas dengan pemerintah maupun Ormas dengan pihak ketiga untuk bekerja sama. Demi kemajuan Ormas yang ada di Bojonegoro,” untuk itu Pemerintah juga berkewajiban memberikan pembinaan, dan kedepannya akan kita buat format yang pas agar semua ini bisa berjalan dengan baik, tentu dengan kesepakatan bersama, bagaimana model dan teknisnya, ujar Mahmudi.

Ipda Warsito mendapat kesempatan pertama menyampaikan paparan tentang peranan dan fungsi Ormas. Fungsi ormas diantaranya adalah sebagai kreator, penyalur pengetahuan, enterpreneur kebijakan, penyedia utama informasi publik, dan pemberi kontribusi kepada pemerintah. Tidak ketinggalan Warsito juga menyampaikan fungsi dan tugas kepolisian terhadap Ormas.

Baca Juga :  Pj Bupati Bojonegoro Sampaikan Nota Penjelasan Raperda, Siapkan Strategi Pembangunan 20 Tahun Kedepan

Dalam kesempatan itu Ipda Warsito mengingatkan agar rekan Ormas jangan sampai terindikasi atau terlibat kegiatan terorisme, Karena meskipun Bojonegoro ini kelihatannya adem ayem, ternyata belum lama ini ada terduga teroris yang diamankan aparat penegak hukum,” jelasnya.

Sementara Jaksa Fungsional Bambang Tedjo mewakili Kasi Intel memaparkan aturan yang mendasari tindakan pemerintah daerah tidak lepas dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 2/2017 yang sudah dikuatkan menjadi UU 16/2017. Isinya dinilai tidak lepas dari UU 17/2013.

“Dimana dalam Perpu 2/2017 yang pada pokoknya berisi kewajiban, larangan dan sanksi Ormas,” terangnya.

“Yang terpenting, asalkan Ormas tidak melanggar larangan dan kewajiban, pasti aman,” lanjutnya.

20211111170211

Nara sumber dan Peserta FGD berfoto bersama di depan gedung Pancasila Bojonegoro.

Kegiatan FGD dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan dipandu oleh Moderator, dalam sesi diskusi tersebut terungkap keinginan dari ormas bahwa pemerintah kabupaten Bojonegoro, tidak hanya memberikan pembinaanbdan pengawasan namun juga berkewajiban memberikan langkah agar ormas lebih diberdayakan.

Menyambut pertanyaan dan keinginan peserta FGD, Mahmudi selalu kepala Bakesbangpol Bojonegoro menyambut baik dan menerima aspirasi dari rekan rekan ormas dan berjanji akan memberi ruang diskusi selanjutnya untuk lebih mempertajam maksut dan tujuan yang ingin dicapai bersama guna secepatnya dieksekusi, tandasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

X