Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20230719 WA0008

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Bojonegoro Lakukan Merger

Bojonegoro.com – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan serangkaian merger sekolah.

Keputusan ini diambil berdasarkan beberapa pertimbangan penting, seperti jumlah murid yang sangat sedikit, rasio guru yang tidak seimbang, dan jarak yang sangat dekat antara sekolah-sekolah terkait.

“Merger ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pendidikan di daerah tersebut,”kata Anggota Komisi C, DPRD Bojonegoro, Mohammad Rozi.

Dilaporkan bahwa sebanyak 11 atau 13 sekolah telah menjalani proses merger sejak satu tahun yang lalu. Keputusan ini telah melalui proses yang sesuai dengan peraturan dan standar yang ditetapkan dalam sistem pendidikan.

Salah satu alasan utama di balik merger ini adalah jumlah murid yang sangat sedikit di beberapa sekolah.

“Jumlah murid yang terbatas seringkali berdampak negatif pada kualitas pendidikan yang dapat disediakan,”imbuhnya.

Dengan menggabungkan sekolah-sekolah ini, diharapkan akan ada peningkatan dalam hal fasilitas, kurikulum, dan ketersediaan sumber daya yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

Selain itu, merger sekolah juga dilakukan untuk mengatasi ketimpangan rasio guru yang ada di beberapa wilayah.

Dalam beberapa kasus, terdapat sekolah dengan kekurangan tenaga pengajar yang signifikan, sementara di sekitarnya terdapat sekolah dengan jumlah guru yang berlebihan.

Dengan menyatukan sumber daya ini, pemerintah kabupaten Bojonegoro berharap dapat menciptakan rasio guru yang seimbang di setiap sekolah, sehingga kualitas pengajaran dapat ditingkatkan.

Selain manfaat kualitatif, merger sekolah juga dapat memberikan manfaat dalam hal efisiensi pengelolaan. Dengan menggabungkan beberapa sekolah, pemerintah kabupaten dapat mengurangi biaya operasional dan administratif yang terkait dengan setiap sekolah secara terpisah.

Pihaknya menegaskan, jika Pemkab Bojonegoro sangat peduli terhadap pendidikan. Apalagi keputusan merger ini diambil setelah melakukan analisis mendalam dan kajian terhadap kebutuhan dan potensi masing-masing sekolah.

Baca Juga :  Zada dan Elang, Siswa SMPN 1 Bojonegoro Raih Ensambel Musik Terbaik FLS2N 2023

Merger ini diharapkan dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih kuat dan berdaya saing, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, upaya pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kualitas pendidikan juga mendapat apresiasi nasional.

Pada tahun 2022, Bojonegoro mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten dengan Program Peningkatan Kualitas Guru (P3K) terbanyak se-Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah kabupaten dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui peningkatan kualitas guru di wilayah mereka,”pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro resmi mulai dipimpin oleh Adriyanto, SE., MM., Ma., Ph.D, setelah dilantik sebagai Penjabat Bupati Bojonegoro, Minggu (24/9/2023). Pelantikan dan pengambilan...

Kabar

Bojonegoro.com – Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan nomor telepon ‘0852-8111-1235’ yang mengatasnamakan Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto. Nomor telepon hoax tersebut juga memasang profil Pj....

X