Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220729 WA0024

Kabar Desa

Tingkatkan Potensi Ekonomi Desa, DPMD Gelar Pelatihan BUMDesa di Kecamatan Margomulyo

Bojonegoro.com – Guna mendorong ekonomi pada masyarakat desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro menggelar pelatihan Bumdes di Kecamatan Margomulyo. Jumat, 29/7/2022.

Kegiatan Pelatihan Bumdes ini diikuti 20 orang peserta dari 6 desa yang ada di kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro yakni Desa. Ngelo, Desa. Sumberejo, Desa Margomulyo, Desa. Geneng, Desa. Meduri dan Desa. Kalangan. Pembangunan Desa Pembukaan Pelatihan Pengembangan Usaha BUMDes Kalangan – Margomulyo Guna Meningkatkan Kapasitas Pengurus Desa Oleh Kepala Dinas PMD Kab. Bojonegoro.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bojonegoro, Camat Margomulyo, dan sejumlah Pemateri yang Ahli dibidangnya, Kepala Desa dan para peserta Ketua Bumdes serta pengurus.

Dalam pengelolaan anggaran Dana Desa, salah satu asset desa yang dapat dijadikan sebagai Pilar di suatu wilayah pedesaan yakni adanya suatu usaha desa dengan memanfaatkan potensi desa melalui suatu pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin, A. P, M.M dalam sambutannya menyampaikan “Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi desa di Kecamatan Margomulyo. Machmuddin, A. P, M.M berharap Bumdes ikut menggenjot kesejahteraan masyarakat desa disekitarnya, melalui Bumdes inilah kesejahteraan ekonomi masyarakat akan meningkat sekaligus membuka lapangan kerja baru, daya saing dan daya beli masyarakat tentunya ikut meningkat”. tuturnya.

“Saya berharap seluruh peserta pelatihan yang mengikuti materi ini sampai selesai dan memahami apa yang diberikan oleh pemateri serta semoga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan, sehingga kedepannya Bumdes mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat di pedesaan khususnya”, jelas Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti, SE, MM.

Sementara itu Kepala Desa Kalangan Kecamatan Margomulyo yang berketempatan dalam pelatihan pengembangan BUMDes berharap mendapatkan bantuan dari dinas terkait untuk kemajuan program BUMDes yang akan di kembangkan oleh Desa Kalangan melalui program perkebunan jambu biji merah tersebut.” Ungkapnya.

Baca Juga :  DKPP dan Gapoktan Kenalkan Metode Biosaka, Terbukti Tingkatkan Hasil Panen

Dalam pelatihan tersebut diberikan materi tentang pengelolaan administrasi manajemen BUMDes LSM SIKAS juga turut serta memberikan pengarahan tentang bagaimana caranya mengelola administrasi dari awal sampai akhir agar terwujudnya suatu kemajuan dalam mengelola BUMDes.

Bumdes merupakan salah satu sarana di desa yang dapat memberikan solusi terbaik khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah pedesaan.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan suatu usaha milik desa yang sumber anggaran dananya berasal dari dana desa yang dianggarkan berdasarkan hasil musyawarah di desa yang pengurusnya diangkat oleh Kepala Desa.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Kekosongan nahkoda di tubuh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Bojonegoro dikarenakan 2 Ketua sebelumnya berhalangan tetap, mengharuskan organisasi ini menggelar...

Olahraga

Bojonegoro.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bojonegoro langsung tancap gas tidak berselang lama usai kepengurusan yang baru dilantik digelar kejuaraan Catur Percasi...

Promo

Bojonegoro.com – Kami menyediakan hewan Kurban  dengan kualitas terbaik, bagi yang berniat dan berminat bisa cek langsung di Jl Kapten Ramli 298 Ledok Kulon...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang (DPUBMPR) akan menuntaskan pelebarkan jalan nasional hingga perbatasan Lamongan. Total...

X