Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Tingkatkan SDM, Pemkab Bojonegoro Tambah Kuota Beasiswa Menjadi 10 Sarjana Per Desa

Bojonegoro.com – Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberi perhatian lebih pada  sektor pendidikan. Diantarnya adalah dengan memberi motivasi para siswa menjalankan studi perkuliahan dengan ditawarkannya beragam beasiswa, yang terbaru adalah kebijakan menambah kuota beasiswa sepuluh sarjana per desa.

Drs Suyanto, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro menyampaikan, Pemerintah daerah telah menyediakan beragam beasiswa pendidikan tinggi, meliputi beasiswa scientist, beasiswa bantuan tugas akhir, dan beasiswa sepuluh sarjana per desa.

‘’Tidak kurang dari Rp 35 miliar untuk beasiswa strata 1 (S-1) atau diploma 4 (D-4) yang disediakan Pemkab Bojonegoro dalam setahun,’’ jelas Suyanto, Rabu, 10/05/2023.

Lebih lanjut Suyanto menjelaskan, Beasiswa sepuluh sarjana per desa ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang menempuh pendidikan S-1 atau D-4 . Selain itu Juga, mahasiswa pemegang kartu program keluarga harapan (PKH), kartu Indonesia pintar (KIP), atau kartu petani mandiri (KPM). ‘’Kuliah di mana saja, dengan jurusan apapun bisa mendapatkan beasiswa ini,’’ jelasanya.

Masih menurut Suyanto, beasiswa scientist dikhususkan untuk mahasiswa jurusan sains dan teknologi (sainstek) yang berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Sedangkan, beasiswa tugas akhir dikhususkan untuk mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. ‘’Sepanjang ini telah banyak peserta didik Bojonegoro mengakses beasiswa dari pemkab Bojonegoro’’ ujarnya.

Abdul Rokhim mahasiswa asal Desa  Margomulyo kecamatan Balen mengatakan, sebagai masyarakat desa dan salah satu penerima PKH, program ini sangat bermanfaat. Apalagi, kuota penerima beasiswa diperbanyak, tentunya memperbesar peluang masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana. ‘’Sehingga tidak ada lagi alasan untuk takut melanjutkan kuliah karena masalah biaya,’’ ungkapnya.

Baca Juga :  Melirik Prestasi SMKN 4 Bojonegoro Jurusan Geologi Pertambangan Dalam Lomba Nasional

Rokhim sangat mengapresiasi terhadap kebijakan dan program Pemkab Bojonegoro yang tiada hentinya memperhatikan dan peduli pendidikan warganya. Dengan program ini, semakin banyak peserta didik berkesempatan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi.

‘’Kedepanya penerima beasiswa diharapkan mampu menjadi penggerak perkembangan dan pembangunan di desa masing-masing,’’ pungkasnya. (*/Red)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Senin (20/5/2024) di halaman Pendopo Malowopati. Peringatan Harkitnas menjadi momentum menumbuhkan semangat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X