Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

TokoKado Herny Trias Ambar Sesanti, Cetak Entrepreneur Wanita

IMG 20210506 WA0036

Bojonegoro.com –  Bulan Ramadhan benar-benar menjadi berkah TokoKado, sebulan terakhir ini banyak menerima  orderan parcel lebaran dan hantaran mahar pernikahan.

Tokokado bertempat di jalan Teuku Umar, Bojonegoro, adalah Herny Trias Ambar Sesanti, SPd, SIP pemilik usaha kerajinan mahar dan hantaran,  ini 2 anak ini memperdayakan 4 perempuan guna membantu usahanya.

Tampak empat perempuan sedang sibuk menyelesaikan pesanan parcel dan  mengemasnya, pelanggan yang memesan bahkan rela mengantri di menunggu di depan workshop Tokokado.

Momen lebaran di tengah pandemi membuat Herny meraup untung lumayan besar dari parsel lebaran. Dalam sebulan omzet Tokokado bisa mencapai 50 juta, baik dari penjualan parsel, hantaran, ataupun mahar.

“Harganya beragam bisa menyesuaikan,” tutur Herny ketika di jumpai di rumah produksi.

Tangannya lihai menyusun rancang isian parsel. Sementara mahar yang dipesan untuk acara malam songo sudah selesai dan berjejer di sudut ruangan. Untuk harga mahar yang sederhana, Herni mematok harga mulai dari 200 ribu, 350 ribu hingga 500 ribuan.

“Masa pandemi daya beli masyarakat menurun, jadi banyak yang memesan mahar yang sederhana. Sementara untuk mahar di atas satu juta masih sepi peminat,” imbuh anggota Iwapi Bojonegoro ini.

Memang selama pandemi, Herny mengaku usaha hantaran dan mahar berkurang drastis. Tapi di balik itu, meningkatnya jumlah pesanan parsel. Kini dalam sehari, pesanan mahar ataupun hantaran hanya 50 set. Padahal jika hari biasa bisa mencapai 100 set. Sementara untuk parsel sendiri bisa mencapai 300 pesanan.

“Karena lebaran tahun ini juga nggak boleh mudik, jadi banyak yang menggantikan momen silaturahmi dengan parsel dan kartu ucapan.”

Iklan. Scroll untuk lanjutkan membaca.
artikelsubmit

Pelanggan yang Pemesan produk dari TokoKado tidak hanya dari Bojonegoro saja, namun banyak juga yang dari luar kota, seperti, Tuban, Cepu dan Lamongan.

Baca Juga :  Keripik Debog dan Mindek Sengon Yuni Tembus Pasar Kanada dan Singapura

“Kalau malam songo ada juga yang pesan, tapi nggak sebanyak biasanya. Ada sekitar 50 pesanan,” tutur Herny sambil mengerjakan pesanan parsel lainnya.

Kepedulian Herny terhadap anak muda sangat tinggi, ini bisa dilihat dari cara dia mempercayakan pembuatan kerajinan mahar toko kadonya kepada anak muda yang masih belajar di bangku kuliah, selain mengajarinya cara yang baik berwiraswata, Herny memiliki program setiap pekerja yang pernah ikut dengannya di arahkan untuk menjadi entrepeneur wanita yang sukses.

“Saya ingin mengajarkan pada anak-anak muda khususnya perempuan agar bisa membantu orangtua. Pegawai di sini wajib kuliah dan bisa membiayai kuliahnya sendiri dan kelak harus memiliki usaha sendiri” tuturnya.

Selain itu, Herny memiiki rencana usaha yang dirintisnya sejak 2003 itu akan dijadikan usaha keluarga, karenaya anak sulungnya sudah mulai dikenalkan dan diajari cara menjadi entrepreneur, kalau rencananya berjalan dengan baik, Herny berencana membuka satu cabang TokoKado, yang di khususkan untuk produk anak muda seperti anniversary dan kado ulang tahun yang akan  dipercayakan kepada anak sulungnya, Aiko Moelawarwan (Encho) untuk mengelolanya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Copyright © 2020 Tim Digital Bojonegoro.com - Redaksi - Kontak

X