Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

TPPS Bojonegoro Gelar Rakor Penilaian Kinerja, Terus Bersinergi Turunkan Angka Stunting

ERdCYaN4EaaAqVsL

Bojonegoro.com  – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Terintegrasi Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024 menggelar Rapat Koordinasi Penilaian Kinerja. Kegiatan digelar di Creative Room Lt. 6 Gedung Pemkab Bojonegoro Jl. P. Mas Tumapel Nomor 1, Senin (27/4/2024).

Dalam Sambutannya, Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Dian Adiyanti Adriyanto menyampaikan dalam penanganan stunting ini, PKK melihat langsung di lapangan. Kedepan, TP PKK bisa bersama-sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana, serta organisasi masyarakat (ormas) turun bersama ke lapangan.

“Itu bisa kita lakukan tidak secara terpisah, agar bisa melihat dengan satu nilai yang sama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Ketua TP PKK Bojonegoro tersebut memberikan contoh bahwa masalah utama stunting adalah pola asuh. Selain itu juga akibat adanya stigma negatif jika anaknya dikatakan sebagai anak yang memiliki risiko stunting. Oleh karena itu, dinas terkait harus mengedukasi masyarakat bahwa mencegah stunting itu penting dan stunting itu bukan aib.

“Stunting ini bukan masalah yang tidak bisa diselesaikan, jangan takut untuk itu,” tegasnya.

Pj Ketua TP PKK Bojonegoro berharap ada edukasi dalam berbagai bentuk, seperti iklan layanan masyarakat di videotron atau banner yang disebar di desa-desa dan kecamatan. “Terimakasih untuk semua dinas yang sudah berpartisipasi, semoga tahun ini target angka stunting dibawah 10 persen bisa tercapai,”tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Nurul Azizah menyampaikan bahwa penurunan angka stunting merupakan kebijakan strategis dari pemerintah pusat, provinsi hingga daerah. Ini sesuai program Pj Bupati Bojonegoro. Yakni enam isu prioritas yang harus dituntaskan diantaranya adalah kemiskinan, stunting, meningkatkan pendidikan, pengendalian inflasi, kebencanaan dan meningkatkan pendapatkan UMKM dan wisata.

Baca Juga :  Forikan Bojonegoro Kampanyekan Gerakan Makan Ikan, Ciptakan Generasi Sehat dan Cerdas

“Besok Rabu ada penilaian, maka kita lihat dari masing-masing indikator penilaiannya,” ungkapnya.

Pada 2022 Kabupaten Bojonegoro mendapatkan skor 127,25 dan peringkat 9 dari 30 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sedangkan di 2023 Kabupaten Bojonegoro mendapatkan skor 98,10 dan peringkat 12 dari 38 kabupaten/kota. Penurunan nilai dan peringkat tersebut karena indikator penilaian yang berubah, prevalensi stunting Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan dari 23,9 persen tahun 2022 menjadi 24,3 persen tahun 2023. Sehingga berpengaruh pada keberhasilan kinerja penurunan stunting di Kabupaten Bojonegoro.

“2024 kita lihat ini ada penilaian yang meliputi paparan 50 persen dan data dukung 50 persen. Hal ini memerlukan kolaborasi agar data ini nanti lengkap, narasinya lengkap, data dukungnya lengkap,” tegasnya.

Data Dinas Kesehatan melaporkan hasil survei dari 24 persen menjadi 14.1 persen. Sehingga di saat ada kementerian, dianggap yang paling berhasil karena penurunanya lebih dari 10 persen. Waktu itu disampaikan bahwa penanganan dari Kabupaten Bojonegoro bagus dan penurunannya tajam.

“Yang dibutuhkan adalah keberlanjutan, hari ini 14,1 persen, target tahun 2024 ini akan kita evaluasi lagi. Hasil akhirnya kita ingin bahwa kebijakan Bapak Pj Bupati selama satu tahun ini tercapai hasilnya,” pungkasnya. [*]

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam menyambut hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024, Polres Bojonegoro menggelar Bakti Religi di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (14/6/2024)....

Kabar

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto berharap hari raya Idhul Adha dijadikan momentum menumbuhkan rasa solidaritas yang dibingkai dalam ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah....

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

X