Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220710 104312

Profile

Tradisi Bani M Saleh, Berkurban dan Berbagi Pupuk Solidaritas Sosial

Bojonegoro.com – Kurban memiliki arti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Tuhan kepada pemeluk agama Islam, yaitu dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah SWT.

Dalam Islam, kurban adalah cara mendekatkan diri atau beribadah kepada Allah dengan menyembelih hewan tertentu pada hari raya Iduladha dan tiga hari tasyrik berikutnya yaitu 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Biasanya Umat muslim melaksanakan Kurban dengan menyerahkan hewan ternak sembelihan berupa sapi, kerbau atau kambing ke pihak panitia kurban yang ada di masjid, Mushola atau Pondok pesantren, tapi dibolehkan juga seorang muslim melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih di rumahnya sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Bani M Saleh, mereka melaksanakan kurban dengan menyembelih 1 ekor sapi ditenpat kediamannya di jalan Ade Irma Suryani Nasution GG Sidodadi II Klangon Bojonegoro. Minggu, 10/07/2022.

Wakil Bani Shaleh, Drs KH Muslim menyampaikan insyaallah kurban ini menjadi agenda tahunan kami, tidak hanya diperingatan hari raya idul adha, namun juga dalam peringatan hari besar Islam lainnya sebisa mungkin kami akan berkhidmat.

Menurut Haji Muslim, paling tidak ada 2 pelajaran yang bisa kita ambil dari peringatan hari raya Kurban ini, pertana dari sisi keagamaan ini adalah bentuk ketaatan kita kepada perintah Allah SWT, yang didalamnya  ada pelajaran keikhlasan dan kepasrahan. Sedangkan yang ke 2, dari sisi kemanusiaan, Hari raya kurban mengajarkan kita berempati, memilki rasa kasih sayang kepada sesama, dan memupuk solidaritas sosial, maka setelah penyembelihan ada pembagian daging hewan kurban kepada sesama khususnya yang terdekat, yaitu  tetangga, jelasnya.

“Jika in bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari maka perwujudan masyarakat yang harmonis, bahagia dan sejahtera akan terwujud, paling tidak kami berusaha untuk mewujudkan di lingkungan kami terdekat, keluarga dan tetangga terdekat, imbuh Haji Musliim.

IMG 20220710 115229

Keseruan Bani M Saleh bersama tetangga dalam peringatan hari raya Kurban 1443 H

Dalam kesempatan ini kami keluarga besar Bani M Saleh Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Kurban 1443 Hijriyah semoga kita semua diberi kelapangan, ketaatan dan kesabaran dalam menjalankan perintahNya. Pungkas Haji Muslim.

Penyembelihan hewan kurban dan pemotongan hingga penyiapan hidangan dilakukan bersama keluarga dan tetangga, setelahnya mereka makan bersama dan dilanjutkan dengan membagikan daging kurban ke tetangga dan lingkungan sekitarnya. Acara berlangsung dengan lancar penuh kehangatan dan keakraban.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X