Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20221002 WA0005

Migas

Transparansi Program TPK Desa Beji, EMCL dan Gemuruh Pastikan Sesuai RAB

Bojonegoro.com – Kedewan merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Kecamatan ini berjarak sekitar 46 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Bojonegoro, ke arah barat laut melalui Senori.

Pusat pemerintahannya berada di Desa Kedewan. Kecamatan Kedewan merupakan salah satu wilayah Kabupaten Bojonegoro yang terletak di bagian paling barat dan paling utara, dan merupakan daerah perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah.

Uniknya di wilayah ini, terdapat nama desa yang serupa namun terletak di 3 Kecamatan dan Kabupaten berbeda. Desa Beji, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban dan Desa Bejirejo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.

Peningkatan akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan memiliki fungsi yang sangat besar bagi masyarakat. Tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga kesehatan, mental dan sosial.

Untuk menunjang akses infrastruktur yang ada di desa sebagai sarana yang baik. Maka harus dipenuhi syarat fisik berupa bangunan yang dapat dimanfaatkan dengan baik, serta dapat difungsikan sebagai mana mestinya.

Konsultan Engineering EMCL, Yhani Sandhi Darma, mengungkapkan ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh Tim Pelaksana Program (TPK) yaitu terkait transparansi program, penyelewengan/hal-hal yang mengarah tindak korupsi intinya semua kegiatan yang akan dilakukan harus mendapat persetujuan dari pihak EMCL maupun Gemuruh, administrasi yang baik serta tepat dan benar, tim pelaksana wajib melakukan program sesuai dengan perencanaan dalam hal ini RAB dan DED, pertanggung jawaban, pelaporan dan kontroling.

“Bahwasanya dalam pelaksanaan program harus mengedepankan transparansi, sesuai perencanaan, pertanggungjawaban dan koordinasi tim sebagai upaya penanganan masalah yang mungkin terjadi. Dalam pelaporan ada beberapa hal yang dilakukan yaitu dokumentasi pekerjaan 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%, pertemuan rutin/rembung, pelaporan akhir dan evesiensi anggaran,” tutur Yhani Sandhi Darma. Sabtu, 02/10/2022.

Sementara itu, Manager Program Gemuruh, Suryanto menambahkan para pelaksana program agar bekerja dengan sungguh-sungguh. Serta bertangungjawab dalam pelaksanaan program pembangunan TPT yang akan dikerjakan, gemuruh siap mendampingi pelaksanaan program ini sampai tuntas.

“Kami berpesan kepada TPK untuk selalu berkoordinasi terkait pelaksanaan, bahwa kemungkinan masalah pelaksanaan program harus berdasar pada perencanaan dalam hal ini RAB/DED. Dan terkait pencairan dana akan dilakukan secara bertahap tiga cermin,” ucapnya

Disampaikan pula oleh Kades Beji, Rahayuningsih turut berterimakasih kepada pihak EMCL yang telah membantu dan memberikan dana CSR kepada Desa Beji untuk program Patra Daya tahun 2022.

“Program ini akan terfokuskan untuk pembangunan TPT (tanggul penahan tanah) di sepanjang jalan ke arah dusun singget. Kepada Timlak agar sungguh-sungguh melaksanakan,” pesan Kades Beji.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kabupaten Bojonegoro resmi mulai dipimpin oleh Adriyanto, SE., MM., Ma., Ph.D, setelah dilantik sebagai Penjabat Bupati Bojonegoro, Minggu (24/9/2023). Pelantikan dan pengambilan...

Kabar

Bojonegoro.com – Masyarakat diminta untuk berhati-hati dengan nomor telepon ‘0852-8111-1235’ yang mengatasnamakan Penjabat Bupati Bojonegoro Adriyanto. Nomor telepon hoax tersebut juga memasang profil Pj....

X