Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Tujuh Bulan Puasa, New Turonggo Mudho Turun Gunung Gelar Pentas Jaranan.

Tujuh Bulan Puasa, New Turonggo Mudho Turun Gunung Gelar Pentas Jaranan.

BOJONEGORO– Seni jaranan new Turonggo Mudho dari desa Pacul Bojonegoro mementaskan kelompok kesenian jaranannya di Bangilan kecamatan Kapas, Bojonegoro. Rabu, (09/09/20)

Setelah puasa pentas 7 bulan karena pandemi covid-19, Seni jaranan Turonggo Mudho mendapat kesempatan tampil dalam acara hajatan khitanan salah satu warga Bangilan Kapas.

Dengan personil lengkap anggota jaranan Turonggo Mudho pimpinan Mbah sakur ini mementaskan jaranan dengan penuh semangat.

Saat buka kendang dan gamelan ditabuh 5 penari putri jaranan membuka dengan gumulai menyapa para penonton yang nampak antusias menyaksikan hiburan jaranan.

Seni Jaranan adalah sebuah seni yang memadukan unsur musik, tari dan magic didalam pementasannya. Dalam seni jaranan Turonggo mudho ada atraksi makan ayam dalam keadaan hidup oleh pemain jaranan yang seolah-olah tidak merasakan apa-apa. seakan-akan yang disantapnya itu adalah daging ayam panggang, hal ini oleh pemain jaranan disebut sebagai kerasukan, yaitu kondisi dimana pemain tidak menyadari apa yang dilakukannya karena ada kekuatan magis supranatural yang menguasainya.

tujuh bulan puasa new turonggo mudho turun gunung gelar pentas jaranan 2

Mbah Sakur putri, lakukan Serangkain ritual sebelum pementasan.

Oni salah satu penonton mengungkapkan rasa senangnya bisa menonton hiburan seni jaranan lagi, masa pandemi semua aktifitas seni lumpuh total mas, Alhamdulillah dimasa new normal pentas seni mulai berangsur normal lagi, meski belum sepenuhnya normal, semoga Corona segera pergi, ungkap Oni.

Acara seni jaranan Turonggo Mudho mulai pukul 13.00 dan selesai pukul 16.00 berjalan dengan aman dan tertib, warga suka, para seniman jarananpun puas dapat menyuguhkan yang terbaik.

Seni Jaranan mulai muncul sejak abad ke 10 Hijriah. Tepatnya pada tahun 1041. atau bersamaan dengan kerajaan Kahuripan dibagi menjadi 2 yaitu bagian timur Kerajaan Jenggala dengan ibu kota Kahuripan dan sebelah Barat Kerajaan Panjalu atau Kediri dengan Ibu kota Dhahapura.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Serangkaian kegiatan digelar oleh pemerintah kelurahan Sumbang kecamatan/kabupaten Bojonegoro setiap  bulan Muharram diantaranya adalah pengajian umum, Grebek Tumpeng, pawai budaya, campursari dan...

Kriminal

Bojonegoro.com – jajaran Sat Reskrim Polres Bojonegoro terus melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan hingga menyebabkan meninggalnya A (20) warga Desa Banjaran,...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Kabar

Bojonegoro.com – Imbauan Suro Damai yang telah disepakati  untuk tidak melakukan konvoi saat pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), namun ada beberapa...

X