Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220828 WA0038

Seni dan Budaya

Vakum 2 Tahun, Dahaga Warga Terpenuhi Dengan Pagelaran Pawai Budaya Tampilkan Tradisi Kearifan Lokal Bojonegoro

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pawai Budaya dengan mengusung tema “Pesona Budaya Bojonegoro”. Pawai budaya ini berlangsung sangat meriah. Para peserta merepresentasikan Bojonegoro lewat penampilan yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya yang beragam. Minggu,28/8/2022.

Event tahunan pemkab punya gawe ini diikuti 28 peserta, dimana masing-masing mengangkat tema seni budaya yang berbeda, diantara tema yang cukup menyita perhatian warga adalah tema Wali Kidangan, Legenda Bayi Rondo Kuning, Sendang Nanom,  Tradisi Wiwit Panen Padi, Tari Tayub, dan Legenda Bremono Bremani. Semua itu adalah kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan untuk peserta dengan kategori umum mereka mengangkat tema variatif, peserta dari RS. Aisyiyah misalnya, mereka mengangkat tema Munggut, yaitu moment dimana ikan di bangawan Solo meluap kepermukaan air dan diperebutkan oleh warga, mereka menyebutnya Pesta Rakyat Hadiah Tuhan Melalui Bengawan.

Lain lagi dengan Peserta umum dari Kampung Pancasila Kelurahan Karangpacar, Klenteng Hok Swie Bio dengan apik mengusung tema Sembahyang Rebutan atau Sedekah Bumi. Para peserta tampil dengan totalitas tinggi dalam merepresentasikan pesona budaya Bojonegoro baik melalui busana, riasan, atribut pawai hingga musik tradisional pengiring dan penguat teaterikal.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, sudah dua tahun lebih Bojonegoro tidak mengadakan pawai budaya, namun hari ini dahaga warga akan Kemeriahan dalam pawai budaya bisa terobati.

“Saya melihat masyarakat sangat antusias dengan adanya pawai budaya ini, kegiatan ini bertujuan memupuk kecintaan terhadap budaya Bojonegoro, dan juga menumbuhkembangkan sektor ekonomi utamanya produk Bojonegoro,” ujar Bupati.

Dalam momen ini, Bupati Bojonegoro menyempatkan diri untuk menyapa dan menyambut jabat tangan warga, Bupati juga memperkenalkan dengan mengenakan baju produk Zahida Painting, Bupati mengajak untuk menghargai produk lokal karena seni dan desain lokal juga cantik, menarik dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga :  Sinergisitas TNI - Polri Peduli Budaya, Polres Bojonegoro Bersama Forkopimda Gelar Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang Pandawa Boyong

“Ke depan kami juga mendorong putra-putri untuk terus berinovasi. Dan sebentar lagi akan ada Nglenyer Fashion Week. Ini melibatkan putra-putri daerah,” ucap Bupati disambut antusias.

Bupati berharap, kontribusi muda-mudi terus berinovasi dan menumbuhkan sektor usaha termasuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu, Bupati Anna juga berpesan untuk menjaga kamtibmas dan prokes termasuk menjaga kesehatan.

Pemukulan oklik oleh Bupati Anna Muawanah menjadi pertanda dimulainya Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022. Hadir dalam Pawai. Budaya, jajaran Forkopimda, DPRD, jajaran asisten, staf ahli dan kepala OPD, dewan juri, serta seluruh peserta dan warga.

IMG 20220828 152254

Bupati Anna Muawanah Menyapa warga dan penampilan dari salah satu peserta pawai

Sementara itu Kepala disbudpar Bojonegoro Budiyanto, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menggali, menyosialisasikan, serta mengedukasi warga mengenai seni budaya. Selain itu juga turut serta melestarikan seni dan budaya. Rangkaian Pawai Budaya sebelumnya digelar hingga Senin (25/8/2022) untuk tingkat SD/MI, SMP dan MTs.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro Eko Subiyono S.Sos MM, dia menjelaskan peserta pawai budaya yang mendaftar ada 31, untuk peserta tingkat SMA sederajat sejumlah 13, untuk Perguruan tinggi dan umum ada 19, namun 3 mengundurkan diri, dan 1 kami diskualifikasi karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia, jelasnya.

Rangkaian acara Pawai Budaya ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Peserta meliputi pelajar di tingkat SLTA/SMK/MA/Perguruan Tinggi/Umum. Rute pawai melalui Jl. P. Mas Tumapel – Jl. Mastrip – Jl. MH. Thamrin – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Teuku Umar –  Jl. WR. Supratman – Jl. Rajawali – Jl. Imam Bonjol.

Saksikan Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022 melalui link Youtube di bawah ini : https://youtu.be/XnGNtQrGOTQ

Baca Juga :  Pasar wisata Semakin ramai, Pedagang Optimis Dongkrak Pertumbuhan Perekomian

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Wisata

Bojonegoro.com – Ethek Ethek Ethek Ethek Ethek… Bunyi itu terdengar berirama memenuhi pasar kuliner PKL Berkah di Jalan KH Hasyim Asy’ari Ledok wetan Bojonegoro....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

X