Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Wajah Kota Berubah, Trotoar Nyeni Manjakan Milenial Selfi

hJYoq3owGtNdr22g

Bojonegoro.com – Wajah kawasan perkotaan Bojonegoro, kini berangsur tertata dan berubah.  Terlihat pada beberapa ruas jalan Perkotaan sekarang mirip destinasi  “Malioboro” Yogjakarta. Ada yang menyebutnya Malioboro mini.

Sebutan yang cukup layak mengingat pedestrian yang sebelumnya tak ada sentuhan nilai seni, saat ini terlihat apik dan berkelas, memiliki rasa seni. Jika kita melihat dan berjalan, seolah olah kita berada dikota besar di Itali, Tatanan dan wujud Totoar dikota Bojonegoro  kini seperti kota-kota besar dan modern.

Awal tahun 2021, masyarakat Bojonegoro untuk pertama kalinya mengenal dan menyambut baik Tata kota dengan konsep pedestrian modern ini. Yaitu pembangunan trotoar dengan drainase yang terbilang cukup bagus.

Gebrakan dalam menata kawasan kota dan sekitarnya juga tidak terlepas pembangunan trotoar dan drainase yang ciamik. Memanjakan mata untuk menikmati keindahan kota hingga kemudahan masyarakat mengakses pejalan kaki. Trotoar yang Lebar dan desain yang cantik dibangun dengan menekankan unsur kenyamanan. Bslum lagi paduan bunga-bunga hias membuat trotoar lebih indah, nan yang lebih penting adalah ramah bagi kaum disabilitas.

Trotoar indah dan seni  ini pun mendadak menjadi jujukan untuk spot foto warga terutama para milineal. Sejak trotoar selesai dibangun akhir Desember 2020, anak-anak muda terpikat berfoto di trotoar di kawasan perkotaan.

“Trotoare wis cantik , jalane apik, Sekarang mobil sudah riwa-riwi, dulu jeglonganya banyak, Saiki wis mulus. Karenanya sektor perdagangan menjadi kompetitif, transportasi murah. Dalane juga wis nglenyer,” ucap Bu’e, sapaan akrab Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Selama 2020, ada lima titik pengerjaan trotoar dan drainase. Yakni, Jalan Gajahmada, Jalan Untung Suropati, Jalan Diponegoro, Jalan Panglima Sudirman (Pangsud), dan Jalan RA. Kartini.

Baca Juga :  Safari Ramadan di Kanor, Bupati Anna Tegaskan Pembangunan Berbasis Desa Berkeberlanjutan

Pengerjaan trotoar ini berkesinambungan atau estafet dari tahun sebelumnya. Pada 2019, Pemkab Bojonegoro membangun 11 titik trotoar. Trotoar yang sebelumnya paving dan semrawut, akhirnya dirombak dengan pemasangan granit. Konsep trotoar granit ini bak labirin yang terlihat lebih apik.

Bagaimana dengan perbaikan trotoar tahun 2021? Ternyata, Bupati Anna Mu’awanah bersama jajaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Bojonegoro tetap akan membenahi trotoar. Pada tahun 2021 rencana membangun proyek trotoar lebih banyak lagi. Mencapai tujuh ruas jalan protokol. Meliputi Jalan Mastrip, Jalan Hasyim Asyari, Jalan Imam Bonjol,Jalan Pangsud sisi timur, Jalan dr Soetomo, dan Jalan MH Thamrin. Lelang proyek sudah tuntas. Dan pembangunan trotoar pada 2021 ini lebih awal. Sehingga ditargetkan akhir 2021, pembangunan tujuh trotoar dengan konsep granit ini akan tuntas.

Termasuk pada 2021 menuntaskan proyek tunggakan di Jalan Gajah Mada, Bojonegoro. Seperti diketahui proyek trotoar Jalan Gajah Mada menyisakan sisi barat. Proyek itu sempat tak tuntas pada tahun sebelumnya. Sehingga pengerjaan masih belum rampung. Namun, pada tahun 2021 ini proyek trotoar sisi barat ini akan tuntas karena melanjutkan sebelumnya. Jika pembangunan trotoar dan drainase dari tahun 2019 hingga tahun 2021 ini tuntas. Tentu, membawa berkah manfaat masyarakat. Semakin menghidupkan tata kota Bojonegoro yang kian terkonsep.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Bupati Anna Mu’awanah menggelar pertemuan dengan badan eksekutif mahasiswa (BEM) dan sejumlah organisasi mahasiswa Bojonegoro di rumah dinas Jumat, 20/05/2022. Kesempatan tersebut...

X