Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210926 WA0086

Pendidikan

Warga Belajar PKBM Lestari Sukses Jalani Ujian Serentak Paket C 

Bojonegoro.com – Warga Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lestari yang ada di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, telah sukses mengikuti ujian atau Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara serentak.

AKM yang dilakukan serentak oleh sembilan PKBM yang ada di Bojonegoro tersebut difasilitasi untuk warga belajar Paket C, yang setara dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Ketua PKBM Lestari, Sumarno mengatakan, AKM bagi warga belajar Paket C selama dua hari, pada hari Jum’at sampai dengan Sabtu (26/09/2021) kemarin telah sukses digelar. Diikuti oleh Warga Belajar dari sembilan PKBM secara serentak, dalam dua gelombang.

Pada gelombang kesatu diikuti oleh empat PKBM, yakni PKBM Al Hidayah, PKBM Banyu Urip, PKBM Garis Tengah, dan PKBM Terate Emas. Sedang pada geombang kedua diikuti oleh lima PKBM. Yaitu PKBM Lestari, PKBM Kartini, PKBM Karya Muda, PKBM Wana Bhakti, dan PKBM Nurul Ummah.

“AKM dilaksanakan secara mandiri atau murni swadana PKBM,” katanya kepada Bojonegoro.com, Minggu (27/09/2021).

Sumarno menjelaskan, pembagian dua gelombang dalam pelaksanaan AKM Paket C itu sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan. Pada setiap gelombang dibagi dua sesi. Sedangkan mata pelajaran (Mapel) yang diujikan sebanyak tiga yaitu Literasi, Numerisasi dan Survei Lingkungan.

“Media ujian atau AKM bagi Paket C ini dilaksanakan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT),” jelasnya.

Ditambahkan, untuk fasilitas pelaksanaan AKM, warga belajar di PKBM Lestari tidak menumpang ke sekolah formal. Karena sudah mempunyai ruangan yang fasilitasnya memadai mulai komputer yang digunakan peserta, tenaga teknisi dan tenaga proktor (Pengawas).

Sesuai data Dapodik (Data Pokok Peserta Didik), kata Sumarno, ada sebanyak 29 peserta dari PKBM Lestari yang mengikuti AKM. Jumlah tersebut adalah jumlah 100 persen kehadiran siswa atau warga belajar kelas XII Paket C.

Baca Juga :  Bupati Anna Beri Paparan Sukses Program RPL dalam Pertides di Jakarta

“Dengan suksesnya AKM Paket C ini, diharapkan para warga belajar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya ilmu yang diperoleh, demi terciptanya kecerdasan kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com –  Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) di Zona 1 (satu) digelar di Jalan Poros Desa Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT) Kecamatan Kanor....

X