Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Warga Belajar PKBM Lestari Sukses Jalani Ujian Serentak Paket C 

IMG 20210926 WA0086

Bojonegoro.com – Warga Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lestari yang ada di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, telah sukses mengikuti ujian atau Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara serentak.

AKM yang dilakukan serentak oleh sembilan PKBM yang ada di Bojonegoro tersebut difasilitasi untuk warga belajar Paket C, yang setara dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Ketua PKBM Lestari, Sumarno mengatakan, AKM bagi warga belajar Paket C selama dua hari, pada hari Jum’at sampai dengan Sabtu (26/09/2021) kemarin telah sukses digelar. Diikuti oleh Warga Belajar dari sembilan PKBM secara serentak, dalam dua gelombang.

Pada gelombang kesatu diikuti oleh empat PKBM, yakni PKBM Al Hidayah, PKBM Banyu Urip, PKBM Garis Tengah, dan PKBM Terate Emas. Sedang pada geombang kedua diikuti oleh lima PKBM. Yaitu PKBM Lestari, PKBM Kartini, PKBM Karya Muda, PKBM Wana Bhakti, dan PKBM Nurul Ummah.

“AKM dilaksanakan secara mandiri atau murni swadana PKBM,” katanya kepada Bojonegoro.com, Minggu (27/09/2021).

Sumarno menjelaskan, pembagian dua gelombang dalam pelaksanaan AKM Paket C itu sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan. Pada setiap gelombang dibagi dua sesi. Sedangkan mata pelajaran (Mapel) yang diujikan sebanyak tiga yaitu Literasi, Numerisasi dan Survei Lingkungan.

“Media ujian atau AKM bagi Paket C ini dilaksanakan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT),” jelasnya.

Ditambahkan, untuk fasilitas pelaksanaan AKM, warga belajar di PKBM Lestari tidak menumpang ke sekolah formal. Karena sudah mempunyai ruangan yang fasilitasnya memadai mulai komputer yang digunakan peserta, tenaga teknisi dan tenaga proktor (Pengawas).

Sesuai data Dapodik (Data Pokok Peserta Didik), kata Sumarno, ada sebanyak 29 peserta dari PKBM Lestari yang mengikuti AKM. Jumlah tersebut adalah jumlah 100 persen kehadiran siswa atau warga belajar kelas XII Paket C.

Baca Juga :  Hardiknas 2022 "Kita Pemimpin dari Gerakan Pemulihan Dunia, Bergerak untuk Merdeka Belajar"

“Dengan suksesnya AKM Paket C ini, diharapkan para warga belajar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya ilmu yang diperoleh, demi terciptanya kecerdasan kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kabar

Bojonegoro.com – Saat aksi sosial berbagi berkah ratusan sembako yang dilakukan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Desa Meduri Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro,...

X