Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Warga Kelurahan Sumbang Gelar Grebeg Tumpeng dan Pertunjukan Wayang Kulit

IMG20230906122546

Bojonegoro.com – Kelurahan Sumbang menggelar tradisi Grebeg Tumpeng di area makam umum Sumbang jln Ade Irma Suryani Nasution, Rabu, 6/09/23. Nampak warga berdatangan dan memadati makam (Cungkup) Ki Mertho Yudho untuk mengikuti prosesi grebek Tumpeng dengan penuh semangat.

Kegiatan tersebut juga menggelar pertunjukan wayang kulit pada siang hari dengan menampilkan dalang Ki Supangat dari desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas. Hadir dalam kegiatan Kepala kelurahan Sumbang dan staf, pemuka agama, tokoh masyarakat, karang taruna dan segenap warga.

Kepala kelurahan Sumbang Ajie Rahmawan, S.STP menyampaikan tradisi grebeg Tumpeng, pagelaran wayang kulit dan Pengajian umum adalah agenda tahunan yang selalu kami laksanakan bersama warga, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah mengajak warga untuk mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah kami terima selama setahun ini dan bertujuan juga untuk melestarikan budaya Jawa khususnya wayang kulit, sekaligus mengirim doa bagi para leluhur dan orang tua yang telah meninggal dunia.

” Kegiatan ini diawali dengan mengadakan pengajian umum dan doa bersama dengan menghadirkan KH Syafarun yang kita laksanakan tadi malam (Selasa malam, Red) dan siang ini kita lanjutkan menggelar wayang kulit” jelas Ajie.

Lebih lanjut Ajie Rahmawan menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas bantuan dari warga, para donatur dan dana yang telah dianggarkan oleh kelurahan Sumbang.

Masyarakat Sumbang dan sekitarnya nampak memadati makam untuk mengikuti ritual grebeg Tumpeng dan menziarahi makam leluhurnya. Sonni (48) salah satu warga kelurahan Sumbang yang mengikuti prosesi grebeg Tumpeng menyampaikan rasa gembiranya bisa kembali mengikuti prosesi Grebeg Tumpeng.

” Saya dan keluarga setiap tahun tidak pernah absen mengikuti kegiatan ini, Alhamdulillah tahun ini nampak lebih semarak dan dipadati oleh warga” jelasnya.

Baca Juga :  Lestarikan Kesenian Lokal, Lomba Oklik Meriahkan Festival Ramadhan Bojonegoro

Kegiatan akan kita tutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk pada Rabu malam, 06/09/23 dengan menghadirkan Ki Hadi Sukoco dari Bojonegoro, yang akan dilaksanakan di pendopo kelurahan Sumbang.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro mengerahkan tenaga kebersihan dengan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di beberapa titik selama libur lebaran hari...

Wisata

Bojonegoro.com – Libur lebaran Idul Fitri 1445 H dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro yang ramai dikunjungi...

X