Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Wujudkan Kembali Bojonegoro Sentra Produksi Tembakau, Bupati Serahkan Bibit Tembakau Jawa di Desa Ngujung

IMG 20210526 WA0036

Bojonegoro.com – Guna mewujudkan Bojonegoro menjadi sentra Produksi Tembakau , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyerahkan bantuan bibit tembakau Jawa kepada petani di desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Rabu, (26/05/2021)

Bupati Bojonegoro menyampaikan, tembakau Jawa memang memang memiliki kesulitan sendiri ketika penanamannya. Namun dibalik kesulitan itu ada keunikan sendiri. Hal itulah yang membuat Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mendukung sepenuhnya untuk mempertahankan keunikan tersebut bersama para petani tembakau di Bojonegoro khususnya di Desa Ngujung agar menjadi keunggulan dan potensi.

“Mohon kerjasama agar sektor pertanian di luar padi dan jagung, terutama tembakau menjadi keunggulan di Bojonegoro dan bisa kita pertahankan,” tutur Bupati Anna.

Selain itu, Bupati Anna berpesan agar para petani tembakau juga memperhatikan proses dan musim yang sesuai. Mulai dari pembibitan, pengolahan tanah, persemaian, penanaman, dan proses pemetikan agar para petani memperoleh hasil maksimal.

Turut hadir Camat, Kades Ngujung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Inisiator tanaman tembakau jawa.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Helmy Elizabeth mengatakan, program petani mandiri juga menyentuh petani di Desa Ngujung. Dari tiga kelompok tani (poktan), baru satu yang menerima program petani mandiri, sementara dua poktan lainnya akan dituntaskan di 2021 dan 2022.

“Sektor pertanian di Kabupaten Bojonegoro bukan hanya padi. Oleh karena itu, kebutuhan petani tidak hanya di sektor tanaman pangan. Potensi Bojonegoro lainnya berada di petani tembakau. Hari ini, petani tembakau mendapatkan bantuan bibit tembakau jawa,”

Helmy mengatakan, total luasan lahan tembakau jawa berdasarkan data statistik yang dilaporkan petugas se-Kabupaten Bojonegoro tahun 2020 terealisasi hampir 2.000 hektar. Sementara produksi tembakau antara 2.300 hingga 2.500 ton khusus untuk tembakau jawa saja.

Baca Juga :  Galakkan Edukasi, Angka Pernikahan Dini di Bojonegoro Menurun

Desa Ngujung memang terkenal dengan kualitas dan produk tembakaunya dan berpitensi menjadi sentra tembakau jawa. Lanjutnya, Bupati Anna memiliiki program untuk mendukung Bojonegoro menjadi sentra produksi tembakau jawa melalui pemberian bantuan bibit tembakau jawa.

“Pesan kami ditanam dan dirawat karena saat ini musim yang tepat.”

Salah satu petani tembakau di Desa Ngujung, Kabupaten Temayang, Roni mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bojonegoro karena telah membantu benih bibit tembakau jawa di Desa Ngujung. Pemberian bibit sangat berarti bagi para petani tembakau.

“Semoga benih yang dibantukan kepada petani tembakau di Desa Ngujung hasilnya semakin bagus dan tahun depan semakin jaya,” ucap Roni antusias.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Bupati Anna Mu’awanah menggelar pertemuan dengan badan eksekutif mahasiswa (BEM) dan sejumlah organisasi mahasiswa Bojonegoro di rumah dinas Jumat, 20/05/2022. Kesempatan tersebut...

X