Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220603 WA0069

Kabar

“Wujudkan Optimis Jatim Bangkit” Pemkab Bojonegoro Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat

bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIX Tahun 2022. Program ini mengusung tema “Melalui Momentum Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Wujudkan Optimis Jatim Bangkit”.

Selama ini, gotong royong telah tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa. Budaya ini perlu terus dilestarikan untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa dan kelurahan. Dan secara umum bisa memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin program BBGRM dilaksanakan setiap tahun selama sebulan penuh. Ini sesuai dengan Amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM.

“Kegiatan BBGRM ini adalah kegiatan rutin setiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Ketahanan Masyarakat Desa/Kelurahan, Evie Octavia Marini menambahkan kegiatan BBGRM dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat baik di desa dan kelurahan. Prinsipnya adalah dari, oleh dan untuk masyarakat. Sehingga perlu peran aktif lembaga kemasyarakatan seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Adat, Karang Taruna, RT/RW, dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Kegiatan antara lain menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan, melaksanakan Satu Desa Satu Bank Sampah (SDSB) sebagai upaya pengurangan sampah plastik serta penanaman pohon dan berbagai upaya pelestarian lingkungan lainnya, selain itu juga terdapat kegiatan-kegiatan bhakti sosial di lingkungan Desa/Kelurahan, Sekolah, Pondok Pesantren, Kantor-Kantor Pemerintah dan lain-lain” pungkasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotong-royongan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Selain itu, juga mendukung percepatan pembangunan di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan, serta Lingkungan.

Baca Juga :  PD Pasar Dibubarkan, Administrasi Pengelolaan Tidak Lagi Berlaku

Puncak kegiatan BBGRM di Kabupaten Bojonegoro rencananya akan digelar pada tribulan ke 4, tepatnya di lapangan Desa Jatigede Kecamatan Sumberrejo.(*/nn)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X