Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

YBM PLN Bojonegoro Bantu Atasi Kekeringan Air di Desa Sumodikaran

IMG 20211008 WA0070

Bojonegoro.com – Yayasan Baitul Maal (YBM) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bojonegoro memberikan bantukan sumur bor, tandon air dan pipanisasi di Desa Sumodikaran, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Bantuan tersebut guna mengatasi masalah kekeringan air setiap tiba musim kemarau.

Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN Bojonegoro, Mohammad Mursjid mengatakan, bantuan dari YBM PLN Bojonegoro tersebut merupakan sumbangsih yang sumber dananya berasal dari zakat maal para pegawai.

Selanjutnya, kata Mursjid, dana yang dikelola YBM PLN tersebut dipakai untuk berbagai program bantuan. Seperti yang ada di Bojonegoro saat ini. Telah dipilih lokasi di Rukun Tetangga (RT) 05 Desa Sumodikaran, Kecamatan Dander, untuk mendapat bantuan sumur bor, tandon air dan pipanisasi.

“Pemilihan letak sumur bor juga memperhatikan ketersediaan air yang paling berpotensi mempunyai tampungan air yang cukup saat musim kemarau,” kata Mursjid kepada Bojonegoro.com, Jum’at (08/10/2021).

YBM PLN Bojonegoro, lanjut pria asli Madura ini, membangun sumur bor air tawar di Desa Sumodikaran dengan perkiraan kedalaman 22 hingga 24 Meter (M). Sementara ketinggian konstruksi untuk tandon airnya mencapai 4 Meter. Sedangkan kapasitas tampung tandon air sekira 2250 meter kubik.

“Kapasitasnya bisa untuk melayani sampai dengan 55 Kepala Keluarga di lingkungan situ. Tetapi di situ sudah ada juga sumur bor meski hanya 10 KK yang punya. Jadi 45 lainnya nanti bisa terlayani dari sumur bor bantuan YBM PLN,” jelasnya.

Selain itu, juga ada pipanisasi sepanjang sekira 200 Meter ke arah musholla terdekat. Guna menyuplai ketersedian air untuk bersuci dalam kegiatan ibadah.

“Rangkaian bantuan tadi, progressnya saat ini sudah 80 persen, sebentar lagi mudah-mudahan rampung dan bisa segera dirasakan manfaatnya,” harapanya.

Baca Juga :  Masa kepemimpin Bupati Anna Mu'awanah, Data Dinas PU Tercatat Pembangunan Jalan di Bojonegoro Meningkat Drastis

Terpisah, Abdul Na’im, warga sekitar lokasi sumur bor bantuan YBM LPM sangat gembira dengan adanya bantuan akses ketersediaan air bersih untuk warga di lingkungannya. Ia mengaku setiap musim kemarau harus bersusah payah mencari air akibat kekeringan yang melanda.

“Terima kasih PLN, bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi kami disini,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Perhimpunan Auditor Internal Rumah Sakit Indonesia (PAIRSI) menyelenggarakan Hari Ulang tahunnya yang ke-2, kegiatan dilaksanakan di Ruang serba guna Rumah Sakit Islam...

X